Monday 22 September 2014

Uniknya Fasade Museum Brandhorst, Munich, Jerman

Saat melakukan ekskursi ke kota Munich, Jerman, tampilan bangunan Museum Brandhorst cukup mencuri perhatian. Dari kejauhan, terlihat warna-warna yang dikombinasikan dengan apik, walaupun bentuk bangunannya terlihat biasa saja tipikal bangunan modern di Jerman.
Bangunan ini merupakan hasil rancangan biro arsitek Sauerbruch Hutton Architects. Ide yang diangkat oleh arsitek dalam rancangannya yaitu dengan mencoba menjadikan fasade bangunan menjadi sebuah karya seni modern sesuai dengan fungsi bangunan sebagai museum bagi karya seni kontemporer.

selubung bangunan dilapisi oleh kombinasi dua lapis material. Lapisan pertama dilapisi oleh dengan 36.000 batang keramik yang mengkilap dengan 23 warna. Batang-batang tersebut terpasang secara vertical. Lapisan kedua pada sisi sebelah dalam, sebelumnya bangunan juga ditutupi dengan lembaran-lembaran cladding dengan dua warna yang dipasang secara horizontal. Lembaran-lembaran cladding yang dipasang horizontal ini juga posisinya terpasang zig-zag sehingga menciptakan efek yang menarik.


















Kombinasi dua lapisan material yang dikombinasikan secara cemerlang diperkaya dengan warna-warni material membuat eksterior bangunan ini cukup indah. Dua layer yang diinstal secara baik juga cukup mempertimbangkan efek berbeda yang akan timbul saat disinari oleh terpaan cahaya matahari maupun cahaya buatan. Efek pembayangan oleh lapisan pertama yang jatuh pada permukaan lapisan kedua menciptakan efek tiga dimensi yang menarik.




Arsitek: Sauerbruch Hutton
Lokasi: Munich, Germany
Klient: Staatliches Hochbauamt, Munich
Tahun: 2002




No comments:

Post a Comment