Saturday, 20 April 2013

Karena aku tidak mau ditipu!

Wabup Sambut Wacana Pembangunan Sekolah Inpres

Mencermati jawaban seorang anak kecil di daerah terpencil pelosok negeri yang bernama Indonesia.

Seorang wartawan yang sedang melakukan liputan ke daerah pedalaman di sebuah pelosok negeri mendapati seorang anak kecil. Anak ini terlihat sangat bersemangat dalam belajar di dalam ruang kelas yang beralaskan tanah dan beratapkan anyaman daun rumbia.

"Untuk apa kamu bersekolah?" Tanya wartawan tersebut kepada seorang murid
"Aku bersekolah agar menjadi cerdas dan aku juga tidak mau ditipu orang bang!." Jawab si anak dengan logat daerahnya yang kental.


Ada hal menarik dari jawaban anak tersebut, baginya ia meyakini bahwa sedang terjadi urusan tipu menipu  di luar sana, di keramaian kota-kota  yang jauh dari kampungnya yang damai. Mungkin di pelosok kampungnya ia mendengar kabar tentang dunia di luar sana yang penuh dengan intrik-intrik dan tipu muslihat para pengurus negeri dari para tetua kampung atau mungkin dari satu-satunya televisi yang ada di balai desa. Baginya ia harus sekolah untuk membekali diri dengan pengetahuan agar tidak tertipu oleh orang-orang lain di kota-kota yang konon adalah orang-orang jebolan sekolah-sekolah elit dan tinggi.

Semoga saja kamu menjadi pintar dan tidak membodoh-bodohi orang kelak. Semoga kamu menjadi cerdas dan mencerdaskan sekitarmu, kampungmu dan negerimu, negeri kita.